Categories
Uncategorized

Seputar Dunia Kontraktor

Saat ini pemerintah indonesia sedang membangun dengan pesat infrastuktur di seluruh pulau besar di Indonesia. 

Infrastuktur yang dibangun juga bermacam macam, mulai dari membangun jalan raya, membangun jalan desa, membangun jembatan, membangun bendungan, saluran irigasi, membangun pelabuhan hingga airport baru.

Pembangunan ini dilakukan oleh kementrian PUPR sebagai grand desain dan pelaksanaan dilakukan oleh para kontraktor kecil maupun besar yang dilakukan dengan tender terbuka.

Peran kontraktor menjadi nyata dengan banyaknya program yang canangkan pemerintah, yang mencakup seluruh pembangunan dari sabang hingga marauke.

Dengan peran kontraktoryang sedemikian besar, maka banyak dari kita yang masih belum mengetahui, apa itu kontraktor? Siapa mereka? Dan apa tugasnya?

Mengutip dari web kontraktor rumah jakarta, pengertian kontraktor bisa dijabarkan sebagai sebuah pihak yang diberikan pekerjaan dan tanggung jawab untuk membangun bangunan oleh pemilik bangunan dengan persyaratan dan kondisi yang telah disepakati sebelumnya.

Kontraktor adalah sebuah badan usaha, yang bisa berbentuk CV atau PT yang pendiriannya diatur negara.

Dengan berbagai macam jenis pekerjaan konstruksi, maka kontraktor juga mempunyai berbagai macam jenis spesialisasi, seperti kontraktor pekerjaan umum, kontraktor perairan atau pengairan, kontraktor jalan raya, kontraktor pelabuhan hingga kontraktor listrik dan kontraktor interior.

Kontraktor mempunyai tugas penting yaitu menyelesaikan pekerjaan membangun sesuai dengan kesepakatan awal dengan pemilik tugas. Kesepakatan ini menyangkut mutu pekerjaan, waktu penyelesaian dan biaya pekerjaan. Ketiganya sudah ditetapkan dan tertulis dalam kesepakatan pekerjaan bersama pemilik proyek.

Demikian penjelasan Priambodo Yoga, dari PT AMP kontraktor jakarta.

Mungkin ada yang pernah mendengar istilah sub kontraktor, apa itu sub kontraktor sebenarnya?

Sub kontraktor merupakan sebutan bagi kontraktor yang mendapatkan pekerjaan konstruksi bukan dari pemilik proyek langsung, namun dari sebuah kontraktor lainnya. Sub kontraktor tidak bertanggung jawab kepada pemilik proyek, namun bertanggung jawab kepada kontraktor darimana ia mendapatkan pekerjaannya.

Sub kontraktor bentuknya bisa bermacam macam, biasanya digolongkan dari skill yang menjadi spesialisasinya.

Sebagai contoh dalam proyek pembanguna perumahan mewah, dengan jumlah unit pembangunan unit unit rumah, maka kontraktor rumah mewah yangi mendapat mandat dari pemilik proyek membutuhkan bantuan penyelesaian pekerjaan.

Untuk itu, kontraktor rumah mewah utama dapat menghubungi sub kontraktor struktur untuk membangun struktur, sub kontraktor listrik untuk mengerjakan instalasi listrik, sub kontraktor besi untuk mengerjakan pagar perumahan dsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *